NetZAP: Solusi Instant Berinternet Cepat | Broadband Internet Wireless Services Jakarta

Do you like to Share?



Beritahu Teman Anda


Internet Cepat

Penelusuran jadi Mudah dan Cepat, Sederhana. Download Chrome Sekarang www.google.com/chrome
Home » , , , , , , , , » NetZAP: Solusi Instant Berinternet Cepat

NetZAP: Solusi Instant Berinternet Cepat

Akses Internet Secara Instan dan Mobile

....memang bukan lagi hal yang sulit saat ini.
Mengakses internet secara instan dan mobile memang bukan lagi hal yang sulit saat ini. Pasalnya, telah banyak pilihan metoda, antara lain lewat USB modem yang diisi dengan SIM card
salah satu operator seluler. Masalahnya adalah, metode ini kebanyakan masih menggunakan kanal yang sama untuk data maupun suara.
Kami menjadi teringat pada teknologi EV-DO (Evolusion Data Only) yang baru diperkenalkan oleh satu penyelenggara jasa sambungan seluler dalam negeri dan menggunakan kanal data terpisah dari kanal suara. Metode ini serupa dengan yang digunakan oleh NetZAP. Dengan teknik ini, laju koneksi internet (data) tidak terinterupsi atau "harus mengalah" terhadap lalu-lintas suara seperti yang terjadi pada kebanyakan koneksi melalui SIM card seluler.
Mencermati ceruk yang masih longgar tersebut, NetZAP menawarkan satu solusi alternatif lewat paket internet instan, selain juga paket langganan internet dedicated. Kami mendapat kesempatan menjajal salah satu paket internet instan dari NetZAP, yaitu paket dengan kecepatan koneksi sampai dengan 2,2 Mbps. Ada empat paket yang ditawarkan kepada pelanggan, yaitu paket 384 Kbps, paket 512 Kbps, paket 1,1 Mbps, serta paket 2,2 Mbps. Setiap paket tidak membatasi ukuran paket data yang di-download alias tidak ada kuota atau unlimited. Daftar tarif berlangganan setiap paket kami tampilkan dalam bentuk tabel.
Sampai dengan saat ini, NetZAP menyediakan layanan untuk wilayah DKI Jakarta. Rencananya, dalam waktu dekat bakal meluaskan wilayah layanan ke Tangerang dan Banten. Jika Anda berminat berlangganan NetZAP, kami menyarankan Anda untuk terlebih dahulu menanyakan kepada pihak technical support NetZAP dan menguji apakah wilayah Anda mendapat penerimaan sinyal yang baik dari menara pemancar NetZAP. Ini disebabkan karena cakupan sinyal di setiap tempat bisa berbeda.
Kami menjadi penasaran, ingin membuktikan klaim capaian puncak kecepatan koneksi NetZAP. Sengaja, kami mencari waktu pengujian yang merupakan beban puncak dari koneksi internet. Sabtu dan Minggu adalah keputusannya. Setiap hari terdiri dari dua waktu uji, yaitu antara jam 08.00-14.00 serta antara jam 20.00-24.00. Lokasi yang kami pilih meliputi tiga titik di wilayah Jakarta Barat, Selatan, serta Pusat.
Layanan pengujian koneksi dari speedtest.net kami pilih sebagai sarana bantu pengujian. Tiga skenario jalur koneksi kami tentukan, yaitu: lewat jalur darat dengan asumsi tanpa menggunakan kabel laut, antarpulau dalam negeri dengan asumsi menggunakan kabel laut, serta ke kota di negara lain yang diusahakan sejauh mungkin. Skenario koneksi pertama menggunakan server di Jakarta ke server di Surabaya dan Semarang. Skenario koneksi kedua menggunakan server di Jakarta ke server di Palembang. Sementara skenario ketiga menggunakan server di Jakarta ke server di kota Eagle River Kanada.
Walaupun NetZAP menyertakan booster untuk mendongkrak kualitas penerimaan sinyal dan memercepat koneksi, sengaja kami mengujinya tanpa alat penunjang tersebut. Kami ingin mengetahui kemampuan standar dari modem dan layanan NetZAP. Berdasarkan pengujian yang kami laksanakan, hasil yang didapat ternyata cukup baik. Capaian kecepatan koneksi internet antarkota dalam negeri tanpa melewati laut terlihat berada pada angka 1,26 Mbps (download) dan 0,11 Mbps (upload) antara Jakarta-Semarang. Hasil serupa juga dicapai antara kota Jakarta-Surabaya, yaitu 1,17 Mbps (download) dan 0,13 Mbps (upload).
Pada pengujian koneksi internet antarpulau dalam negeri, hasil pengujian terlihat lebih rendah jika dibandingkan dengan yang tanpa melalui selat (laut). Koneksi tercepat antara kota Jakarta-Palembang ada pada angka 0,70 Mbps (download) dan 0,08 Mbps (upload).
Satu hal unik kami temukan pada pengujian koneksi antara Jakarta ke kota di negara lain, dalam hal ini adalah kota Eagle River di Kanada. Tercatat, koneksi ini lebih cepat daripada antar kota dalam negeri yang melewati selat (Jakata-Palembang). Koneksi tercepat berada pada angka 1,02 Mbps (download) serta 0,10 Mbps (upload).
Capaian-capaian terbaik dalam pengujian ini kami lakukan di dalam ruangan mal pusat perbelanjaan lantai 3 yang tertutup, kecuali skenario koneksi dalam negeri melewati selat (kabel laut) antara Jakarta-Palembang. Perlu diketahui juga adanya tembok beton tebal ada di sekeliling titik pengujian.
Tabel Tarif Paket Berlangganan Internet Instan NetZAP
Kecepatan koneksi Tarif per Bulan
512 Kbps Rp195.000,00
1,1 Mbps Rp295.000,00
2,2 Mbps Rp495.000,00
Setiap paket dikenai biaya PPN 10%
Biaya deposit untuk modem portabel & instant Rp500.000,00
Biaya pendaftaran dan pemasangan Rp75.000,00
*** Dengan dilandasi survai kelayakan penerimaan sinyal, NetZAP mampu menjadi salah satu solusi alternatif koneksi internet instan bagi penduduk wilayah DKI Jakarta, terutama yang belum terjangkau oleh jaringan kabel telepon.
Plus : Portabel dan instan; pengaturan konfigurasi koneksi relatif mudah; pencapaian kecepatan koneksi lumayan baik.
Minus : Setiap modem hanya menyediakan satu baterai, belum tersedia baterai cadangan.
Skor Penilaian
Fitur 3,75
Kemudahan penggunaan 4,5
Kinerja 4
Harga 3,75
Skor Total 3,98
Sumber: INFOKOMPUTER